Kamis, 08 Mei 2014

Kontraktor Magnetis

Kontraktor magnetis sama dalam operasinya dengan relai elektromagnetis (EMR). Dimana keduanya memiliki keistimewaan penting yang umum : kontak bekerja apabila kumparan diberikan energi.


      •The National Electrical Manufacture Assosiation (NEMA) mendefinisikan kontraktor magnetis sebagai alat yang digerakan secara magnetis untuk menyambung atau membuka berulang-ulang rangkaian daya listrik.

      •Apa yang membedakan dengan relai? Yaitu kontraktor yang dirancang untuk menyambung dan membaca rangkain daya listrik tanpa merusak.

      •Beban yang behubungan dengan kontraktor magnetis meliputi: pemanas, lampu,transformator,kapasitor dan motor listrik.


      •Kegunaan utama kontraktor magnet adalah untuk penghubungan daya pada elemen tahanan pemanas, penerangan, pengerem magnet atau solenoid indutri berat .

Keuntungan menggunakan kontraktor magnetis :
1.   pada penanganan arus besar atau tegangan tinggi, sulit untuk membangun alat manual yang cocok, kontraktor magnetis akan menangani arus yang besar atau tegangan tinggi.
2.    kontraktor memungkinkan opeeasi majemuk dilaksanakan dari satu operator (satu lokasi) dan di interlocked untuk mencegah kesalahan dan bahay operasi.
3.    dapat menghemat usaha apabila pengoperasian harus diulang beberapa kali.
4.    kontraktor dapat dikontrol secara otomatis dengan  menggunakan alat pilot yang sangat peka.
5.    tegangan yang tinggi dapat diatasi dengan kontraktor dan  menjauhkan seluruhnya dari operator.
6.    peralatan control dapat dipasangkan dengan titik yang  jauh.
7.    dengan kontraktor, control otomatis dan semi otomatis  dapat dilakukan dengan peralatan seperti control logika yang dapat deprogram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar